shabby

Minggu, 01 April 2012

Perkembangan Alam Pikiran Manusia

Rasa InginTahu
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bermula dari rasa ingin tahu, yang berupa ciri khas manusia.
Manusia mempunyai rasa ingin tahu di benda benda di sekelilingnya, alam sekitarnya, ruang angkasa, bahkan tentang dirinya sendiri.
Rasa ingin tahu tidak dimiliki oleh makhluk lain, terutama benda mati seperti tanah, air, angin, api, udara, batu, kayu dan sebagainya.
Air dan udara memang bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, namum bukan atas kehwbdak sendiri tetapi akibat dari pengaruh alam yang bersifat kekal

"Bagai mana dengan makhluk lain seperti tumbuhan dan binatang?"
Sebatang pohon menunjukan tanda tanda pertumbuhan atau gerakan, namim gerakan itu terbatas pada mempertahankan. Kelestarian hidupnya (kebutuhan hidup) yang bersifat tetap
Misalnya :
∴ Daun daun cendana mencari sinar matahari
∴ Akar akar daun cendana mancari air yang kaya mineral
Kecenderungan ini tampak berlangsung sepanjang zaman (kekal)

"Bagaimana dengan Binatang yang menunjukan adanya kehendak perpindahan dari satu tempat ke tenpat lain?"
Burung mempunyai pengetahuan tentang "bagaimana cara membuat sarang diatas pohon"
Misalnya :
∴ Burung Mayar (Tempua) begitu pandai mengayam sarangnya yang begitu indah, namum pengetahuannya itutidak berubah dari zaman ke zaman
∴ Monyet ternyata memliki kehendak untuk mengeksploitasi alan sekitar karna didorong rasa ingin tahu yang tetap sepanjang masa.

Oleh Isaac Asimov (1972) disebut sebagai "Idle Curiousity" atau "Insting"
Insting terhadap satu hal saja, yaitu untuk mempertahankan kelestarian hidupnya, untuk itu mereka perlu makan, melindungi diri, berkembang biak.
Manusia juga memiliki insting seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan, namum mempunyai kelebihan yaitu "Kemampuan Berpikir" dengan kata laun "Curiousity-nya" (raa ingin tahu) tidak "idle" (berubah) atau berkembang sepanjang zaman. Ia bertanya terus setelah tahu tentang "Apa" "Bagaimana" dan "Mengapa".

Perkembangan rasa ingin tahu anak terhadap sesuatu benda
∴ Usia 2 tahun : "apa nama benda itu?" (pena)
∴ Menjelang TK : "bagai mana menggunakannya?"
∴ Usia lebih dewasa : "mengapa pena dapat digunakan manusia untuk menulis?"
Dengan mendapatkan jawaban yang sesuai dengan manusia saat pertanyaan itu diajukan, maka anak tersebut akan mendapat pengetahuan baru dan sekaligus hasrat ingin tahunya terjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar