shabby

Rabu, 02 Oktober 2013

1. Pengantar


a.      Pengertian Manajemen
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan. Banyak pendapat pendapat-pendapat para ahli tentang pengertian manajemen. Berikut ini akan dikemukakan pengertian manajemen yang ditinjau dari beberapa segi.
1.      Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Seni (Art)
Pengertian manajemen ditinjau dari segi sini dikemukakan oleh Mary Parker Follett. Follett mengatakan bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
2.      Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan
Pengertian manajemen ditinjau dari segi ilmu pengetahuan dikemukakan oleh Luther Gulick. Gulick mengatakan bahwa manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistemantis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk mengasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.
3.      Pengertian Manajemen Ditinjau dari Segi Proses
Pengertian manajemen ditinjau dari Segi proses dikemukakan oleh James A.F. Stoner. Stoner mengatakan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.

MM, S. Alam. (2007). Ekonomi untuk Sma dan Ma kelas XII . Jakarta:  Penerbit Erlangga.

b.      Pengertian Kepemimpinan
Menurut Stoner kepemimpinan merupakan suatu proses mengenai pengarahan dan usaha untuk mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok. A
Dari pengertian di atas, dapat dijelaskan hal-hal sebagai berikut:
1.       Kepemimpinan harus melibatkan orang lain. Dengan kesediaan mereka menerima pengarahan dari pemimpin, para anggota kelompok membantu menentukan status pemimpin dan memungkinkan terjadinya proses kepemimpinan.
2.      Kepemimpinan melibatkan distribusi yang tidak merata atas kekuasaan antara pemimpin dan yang dipimpin. Pemimpin mempunyai wewenang mengarahkan bawahan, tetapi tidak sebaliknya
3.      Kepemimpinan secara sah dapat memberikan hak kepada pemimpin, tidak saja berupa pengarahan teatpi juga pengaruh. Artinya, pemimpin tidak hanya dapat menyatakan apa yang harus dikerjakan bawahan tetapi juga mempengaruhi bagaiman bawahan melaksanakan perintah tersebut.
Menurut Dale Timple (1991), bahwa pemimpin adalah orang yang menerapkan prinsip dan teknik yang memastikan motivasi, disiplin dan produktivitas jika bekerjasama dengan orang, tugas dan situasi agar dapat mencapai sasaran perusahaan.
Lima landasan kepemimpinan yang kokokh menurut Chapman yang dikutip Dale Timpe, adalah:
   Cara berkomunikasi
   Pemberian motivasi
   Kemampuan memimpin
   Pengambilan keputusan
   Kekuasaan yang positif
Cirri-ciri seorang pemimpin menurut Rodger D. Collons yang dikutip Dale Timpe, adalah:
   Kelancaran berbahasa
   Kemampuan untuk memecahkan masalah
   Kesadaran akan kebutuhan
   Keluwesan
   Kecerdasan
   Kesediaan menerima tanggung jawab
   Keterampilan social
   Kesadaran akan diri dan lingkungan
Untuk menjalankan peran-peran seperti diuraikan di atas, seorang pemimpin harus mempunyai sarana berupa:
   Kewenangan formal
   Pengetahuan dan pengalaman yang dapat ditambah
   Ganjaran dan hukuman untuk karyawan bawahannya
   Komunikasi dengan bawahannya
   Perintah untuk bawahannya

MBA., M.M., SE Umar, Husein (2003) Business an Introduction . Jakarta:  Penerbit Pt Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar